Selasa, 29 April 2014

Objek Wisata Kota Semarang

Kota Semarang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Semarang yang yang dahulu merupakan kota pelabuhan ini menyimpan banyak sekali rekam sejarah dari kedatangan bangsa China sampai pendudukan Belanda yang meninggalakan bukti bukti sejarah berupa arsitektur bangunan yang megah.
Keragaman Kota semarang tidak perlu dipungkiri lagi. Etnis China berbaur dengan baik dengan etnis Jawa dan bahkan ada etnis etnis bangsa lain. Namun, budaya China dan Tionghoa inilah yang begitu melekat pada kota yang terkenal dengan kuliner khas Lumpia ini.
Sewaktu penjajahan Belanda, Semarang dijadikan kota administrasi yang sibuk. Beberapa bangunan megah khas negara negara Eropa masih bisa disaksikan dan sampai saat ini masih berdiri kokoh di pusat kota Semarang ini. Pada masa perjuangan melawan penjajah Belanda pun, Semarang adalah saksi bisu bagaimana para pemuda Semarang mengambil alih kota dari cengkeraman tangan penjajah. Semuanya peristiwa yang sangat bersejarah tersebut ada di Semarang yang kaya akan keragaman rohani, budaya dan etnis penduduknya.
Apabila anda brekesempatan pergi berlibur ke kota Semarang untuk mengenal lebih jauh bagaimana sejarah kota ini terbentuk, maka jangan sampai anda melewatkan untuk mengunjungi tempat tempat wisata bersejarah di Kota Semarang berikut.
1. Klenteng Sam Po Kong
Wisata Sejarah Klenteng Sam Po Kong Semarang
Wisata Sejarah Klenteng Sam Po Kong Semarang
Nama klenteng yang satu ini sangat terkenal di Semarang. Tanya saja ke setiap orang asli Semarang, pasti mereka akan menunjukkan jalan kepada anda. Klenteng ini terkenal karena memang dibangun oleh Laksamana Cheng Ho. Seorang muslim China yang melakukan perjalanan dan sempat singgah sebentar di Semarang.
Pada dinding dalam Klenteng terdapat relief yang mengisahkan perjalanan Laksamana Cheng Ho ini sampai di Semarang. Setelah dilakukan pemugaran, Klenteng ini tampak sangat indah dan menawan. Klentheng Sam Po Khong adalah cagar budaya dan harus dilestarikan. Jika anda tertarik untuk singgah ke Klenteng Sam Po Kong ini, anda bisa datang ke Jl. Simongan Raya 129, Semarang.
2. Vihara Watu Gong
Wisata Sejarah Vihara Watu Gong Semarang
Wisata Sejarah Vihara Watu Gong Semarang
Vihara Watu Gong ini bentuknya tinggi menjulang ke atas. Lagi lagi arsitekturnya lebih mirip arsitektur China. Bentuknya seperti Pagoda yang mengingatkan anda akan bentuk pagoda di film ular putih itu. Warnanya yang merah membuat anda langsung tahu bahwa itu adalah Vihara Watu Gong.
Walau digunakan untuk beribadah umat Budha, namun vihara ini juga sengaja dibuka untuk masyarakat umum. Landmark lainnya dari kota Semarang adalah Vihara Watu Gong ini. Vihara ini beralamatkan di Jl. Raya Pudakpayung, Watugong, Semarang.
3. Gereja Blenduk
Wisata Sejarah Gereja Blenduk Semarang
Wisata Sejarah Gereja Blenduk Semarang
Geraja Blenduk ini merupakan landmark di kota lama Semarang. Tidak seperti bangunan lainnya yang dibangun tidak menonjol, Gereja ini malah dibangun dengan bentuk bulat dan sangat menonjol. Dibangun oleh bangsa Belanda pada tahun 1753. Gereja Blenduk adalah salah satu cagar budaya Kota Semarang yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.
Anda tentunya bisa masuk ke Gereja bila mau. Seperti tempat ibadah yang lain, Gereja ini juga terbuka untuk umum. Arsitektur Neo Klasiknya akan memanjakan anda yang masuk. Benar benar unik. Silahkan saja anda datang ke Jalan Letjen Suprapto 32, Semarang untuk menyaksikan sendiri wisata sejarah satu ini.
4. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang
Kemegahan masjid Agung Jawa Tengah ini luar biasa. Halamannya sangat luas dan dikabarkan mampu menampung 13.000 jamaah. Berdiri di atas tanah bandhaa seluas 10 ha. Masjid ini siap menjadi landmark lain Kota Semarang yang kaya. Istirahatlah dan rasakan nyaman dan sejuknya udara di teras masjid Agung ini.
Bila anda ke dalam, anda akan disuguhi oleh arsitektur mewah dari masjid ini. Selain untuk tempat ibadah, masjid Agung Jawa Tengah juga dikelilingi oleh perpustakaan, kantor, tempat latihan, dll. Masjid Agung Jawa Tengah beralamatkan di Jalan Gajah Raya, Semarang.
5. Tugu Muda dan Lawang Sewu
Wisata Sejarah Semarang Tugu Muda dan Lawang Sewu
Wisata Sejarah Semarang Tugu Muda dan Lawang Sewu
Wisata bersejarah di Kota Semarang yang lain adalah Tugu Muda dan Lawang Sewu. Landamark lain dari Kota Semarang ini tentunya tidak asing lagi bagi telinga anda. Berlokasi tepat di jantung kota Semarang, Tugu Muda adalah simbol sejarah bagaimana kota ini merebut kekuasaan dari tangan Belanda dengan mengobarkan perang selama lima hari.
Sedangkan Lawang Sewu adalah bangunan milik Belanda yang lebih dikenal karena misteri di dalamnya. Bangunan megah dengan arsitektur menakjubkan ini dulunya adalah kantor administrasi jawatan kereta api. Gedung kuno ini adalah saksi bisu kekejaman Jepang pada masa penjajahannya. Lokasi Tugu Muda dengan Lawang Sewu sangatlah dekat, jadi tidak mungkin anda sampai melewatkan salah satu tempat wisata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar